Ekspektasi dan Realita Menjadi Mahasiswa Sastra Inggris di UNY

      Universitas Negeri Yogyakarta menawarkan cukup banyak jurusan bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di kampus ini dengan tujuh fakultas di dalamnya. Diantara tujuh fakultas yang ada di UNY, terdapat satu fakultas yang cukup unik dan beragam mahasiswa di dalamnya yaitu Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB), berubah dari yang semula Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menjadi FBSB. Penambahan B di belakang seperti kurang membuat nama fakultas ini aesthetic menurut para mahasiswa. Oke, cukup berbicara soal nama fakultas karena itu bukan topik utama kita di blog ini.

     Di Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya terdapat berbagai macam jurusan yang bermuatan sastra. Salah satunya adalah Sastra Inggris. Jurusan yang cukup banyak diminati oleh mahasiswa. Ada 100 lebih mahasiswa yang berada di angkatan 2020 saja. Belum terhitung dengan angkatan-angkatan yang lain. Namun, banyak mahasiswa yang mengaku bahwa apa yang dipelajari di jurusan sastra inggris ini berbeda dengan apa yang mereka perkirakan sebelum masuk untuk berkuliah di jurusan ini. Tulisan hari ini akan membahas tentang ekspektasi mahasiswa dan realita di lapangan kuliah di jurusan sastra inggris UNY.




EKSPEKTASI

REALITA

Hanya belajar bahasa inggris saja supaya bahasa inggrisnya lebih mahir

 

Tidak hanya belajar bahasa inggris tetapi juga belajar mengenai sastra secara mendalam. Selain itu, tidak hanya sastra tetapi juga ilmu mengenai bahasa yaitu linguistic dan terjemahan yang tentunya sangat rumit dan sangat banyak teori yang harus dipelajari

 

Jurusan sastra inggris UNY mudah

 

Mudah atau tidaknya suatu jurusan di perkuliahan tergantung sudut pandang masing-masing tapi menurutku, tidak mudah dengan banyak tugas menulis karya ilmiah seperti jurnal membuat jurusan ini jadi semakin sulit untuk dijalani.

 

Harus banyak sekali membaca buku

 

Sepertinya ini adalah bagian perbandingan ekspektasi dan realita yang menyenangkan di bagain realitanya karena tidak seperti itu realita yang harus dijalani ketika memutuskan untuk kuliah di jurusan sastra inggris UNY. Tidak harus banyak membaca buku, hanya saja harus membaca materi tertentu yang ada di sebuah buku dan lebih menyenangkannya lagi, semua dosennya pasti sudah memberikan semua buku pdf rujukan yang harus dibaca jadi tidak perlu bingung mencarinya di google.

 

 

            Itu adalah beberapa ekspektasi dan realita yang saya dan beberapa teman saya rasakan ketika merasakan kuliah di sastra inggris UNY. Saya pikir, itu hanya ekspektasiku sendiri tetapi ternyata banyak dari teman-temanku yang juga merasakannya. Jadi, aku berpikir bahwa penting memberikan informasi ini kepada mereka yang ingin menempuh perkuliahan di jurusan sastra inggris UNY supaya mereka bisa memiliki gambaran bagaimana sih kuliah di jurusan sastra inggris UNY itu? Apakah sesuai dengan apa yang kupikirkan? Overall, jika mampu menikmati apapun pekuliahan di jurusan manapun, kegiatan perkuliahan akan tetap berjalan lancar dan mudah. 



Komentar